Cari Blog Ini

Minggu, 12 Desember 2010

Costum Search Engine

Cara Efektif menggunakan Search Engine
         Google adalah search engine yang paling populer saat ini. Sebenarnya search engine sangan banyak sekali, seperti yahoo, dan lain-lain, Namun Google yang paling populer. mencari sesuatu di internet dengan memasukkan kata kunci. Setiap dokumen yang mengandung kata yang terdapat dalam kata kunci akan ditampilkan oleh Google sebanyak 10 pencarian perhalaman. Apa yang ditemukan oleh Google belum tentu sama persis dengan yang kita butuhkan. Diperlukan waktu dan kesabaran untuk mencari sesuai kebutuhan dari apa yang ditayangkan oleh Google.
       Tidak jarang para pencari (searcher) menemukan hal yang bukan dia cari, dan sering 'terperosok' ke tempat-tempat sebenar tidak diinginkan seperti situs pornografi.
Pemilik situs semacam itu juga dengan cerdik menggunakan kata kunci yang umum dicari orang dan tidak berbau sara atau pornografi. Hal semacam itu yang membuat pengunjung tersesat kesana. Beberapa kiat dalam melakukan pencarian menggunakan Google akan dibahas di bawah ini :
Pertama : Menggunakan kata kunci persis. Google hanya akan menayangkan dokumen yang hanya menggunakan kata kuci persis seperti yang diketikkan. Caranya adalah mengapit kata kunci dengan tanda petik danda ("...), terutama untuk kata kunci lebih dari 1 kata. Contohnya "angka kematian". Google tidak akan menampilkan dokumen yang hanya memuat frasa 'kata' atau 'kematian' saja. Bayangkan betapa banyak dokumen yang mengandung kata 'angka' yang sudah bisa dipastikan bukan yang kita cari.
Kedua : Menspesifikasikan tipe file. Misalnya akan mencari dokumen ber-type .PDF. Caranya dengan menambahkan filetype:pdf di belakang kata kunci. Google hanya akan menayangkan semua hasil pencarian sesuai kata kunci yang bertipe .pdf saja.
Ketiga : Menspesifikkan alamat situs pencarian. Untuk kebutuhan seperti ini kita harus tahu persis alamat situ dimana pencarian akan dilalukan oleh Google. Caranya dengan menambahkan kata site di depan alamat situs. Misalnya akan melakukan pencarian di situs gizi.net, makan masukkan di belakang kata kunci site:www.gizi.net.
Keempat : Kombinasi. Ketiga cara di atas bisa dikompbinasikan ketiganya, atau dua diantara 3. Urutannya tidak masalah dengan hasil pencarian yang sama. Tentunya harus ada kata kunci. Jika dilakukan tanpa kata kunci maka semua dokumen akan ditampilkan pada situs dan type yang ditetapkan.
Diantara Pembaca jika ada yang menginginkan mebuat sebuah Costum Search Engine seperti yang ada di blog ini, bisa membuat gadjet search engine persis ini. Tambahkan sebuat gadjet HTML/Javascript kemudian copy kode html dalam kota berikut ini, dan paste-kan dalam Gadjet Anda. Maka jadilah gadjer search engine Anda. Perlu diketahui bahwa hadget ini dibuat dengan menspesifikkan pencarian dengan type .PDF di 4 situs kesehatan terkenal di dunia yaitu : www.ajcn.org, http://jn.nutrition.org, http://ajph.org dan situs WHO http://who.intl.or Perlu diingat bahwa saat mem-paste-kan kode ini 'harus pada modus  html

TATA CARA PEMBUATAN LAPORAN PENIMBANGAN BAYI


TATA CARA PEMBUATAN LAPORAN PENIMBANGAN BAYI

      Dalam pembuatan laporan apalagi untuk laporan penimbangan tahunan tentu akan lama dan sulit pembuatannya. Tapi jika kita menggunakan rumus atau pola tertentu maka itu menjadi mudah dilakukan. Caranya yaitu:
  •  Kerjakan laporan di microsoft excel, lalu buat sheet sampai tahunan atau sampai berapa lama data laporan yang akan dibuat
  •  Buat sheet awal dimana nantinya akan menjadi acuan bagi data-data berikutnya,pada sheet acuan ini pakai formula/rumus sehingga di sheet berikutnya kita hanya tinggal mengetikkan formulanya
  •   Pada data berikutnya kita hanya tinggal mengetikkan rumus maka data pada sheet awal akan pindah pada sheet yang kita mau
  •  Seterusnya pada sheet bulan pertama, bulan kedua dan seterusnya kita hanya tinggal mengganti data N,D,S,K maka formula dan rumus tinggal menyesuaikan
  •  Maka data berikutnya, misal sampai tahunan kita tinggal meng-copy saja, jadi yang kita ubah hanya data awalnya/data primernya saja

LAPORAN PENIMBANGAN BAYI 2009

KLIK DISINI :-)

TATA CARA PENULISAN KTI (KARYA TULIS ILMIAH)


 TATA CARA PENULISAN KTI 
DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

         
KTI (Karya tulis ilmiah) merupakan tes akhir bagi para mahasiswa diploma. Maka dalam penulisannya sangat di perhatikan tata cara, ketentuan, atau aturan penulisannya. Dalam penulisan karya tulis ilmiah itu banyak pengaturannya terutama yang menggunakan Microsoft word. Biasanya masing-masing politeknik punya tata cara atau aturan tersendiri mengenai penulisan ini.

Berikut ini ada beberapa cara dalam penulisan karya tulis ilmiah dengan menggunakan Microsoft word.Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.      Aturan Penulisan BAB
      Didalm BAB ini terdapat nantinya berbagai sub bab. Misalnya pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran.

Dalam penulisan ini ada yang harus diperhatikan yaitu:
ü  Spasi dari atas ke bawahnya harus 4 spasi dengan cara pilih format-paragraf-before 48-after 6-ok
ü  Letaknya harus di tengah dengan mengklik center(ctrl+E)
ü  Harus menggunakan huruf capital dengan  cara: format-font-all capital.

Setelah itu agar tata cara penulisan  BAB I dan BAB II sama, maka dapat di pakai cara style yaitu dengan cara:
ü  Blog paragraph yang akan di simpan
ü  Cari icon style
ü  Klik tanda segitita di sebelah kanan style dan ketik judul BAB 1 dan enter.
ü  Lepaskan mouse
ü  Klik di BAB 2 dan klik style BAB 1 tadi  dan enter

Begitu pula untuk penulisan pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian dan lain-lain yang terdapat pada masing-masing BAB. 

2. Aturan Penulisan Paragraphnya yaitu dengan cara:

 => Blog paragraph kemudian atur dengan ketentuan : Spacing=double, Aligment =Justify (ctrl+j), before=6pt, after=6pt, colour=black. Setelah itu buat style seperti cara yang diatas tadi agar dapat digunakan untuk paragraph selanjutnya.

3.      Jika KTI menggunakan table maka caranya:
v  Mulai table dari baris kosong
v  Style normal
v  Insert-table-kemudian tentukan berapa banyak baris dan kolomnya- ok.
v  Klik kanan dalam cell-table properties-center(ini di gunakan jika ingin mengetengahkan tulisan)
v  Untuk merapikan table dapat di gunakan cara : klik kanan dalam cell-autofit-autofit contens

4.      Jika KTI menggunakan grafik
*  Insert-picture-chart
*Untuk menghapus batang grafik yang berlebih-klik kanan pada ABCD table data sheet-delete
*  Menghilangkan tempat grafik yang tersisa: blok-klik kanan di bawah cell data- delete

Jika ingin mengedit grafik maka dapat di gunakan cara berikut:
-          Klik kanan pada objek yang mau di rubah
-          Pilih chart
-          Pilih chart options

Cara memberi angka di atas grafik:
-          klik kanan
-          format data series
-          Pilih data labels-value-ok

Cara mengubah bentuk grafik:
-          Klik kanan-format data series-shape-pilih tipe yang diinginkan.

Jika dalam KTI anda menggunakan rumus-rumus yang panjang dan susah,maka dapat di lakukan cara ini untuk mempermudah pekerjaan anda:
Pertama kita harus berada di Microsoft equation 3.0 dulu dengan cara: insert-object-mc.equation 3.0.Setelah itu akan tersedia icon –icon yang bisa kita gunakan dalam pembuatan rumus.Maka anda bisa memilih salah satu dari icon itu untuk membuat rumus.

            Selain itu untuk membuat  symbol dan catatan kaki caranya adalah:
ENOT= catatan kaki yang di tulis di akhir dokumen
FEDNOT= Peletakan dihalaman bersangkutan
Caranya : Insert-preference-fednot(sebelumnya klik header dan footer)

Memberi halaman pada KTI:
Insert-page number-pilih yang di suka-ok

            Demikianlah langkah-langkah dalam pembuatan KTI yang baik dengan menggunakan microsoft word. Maka dari itu diperlukan ketelitian dan ketepatan agar KTI yang kita tulis baik dan dapat digunakan oleh semua pihak hendaknya....
            Terima Kasih ^_^